Sabtu, 12 November 2011

Tips Sukses Mengenali Macam-Macam Sifat/Karakter Peserta Rapat



Rapat merupakan agenda penting di setiap organisasi. Dalam rapat keputusan-keputusan penting ditetapkan, permasalahan diungkapkan, dan ide-ide baru dicetuskan. Rapat yang baik akan menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi para peserta rapat, juga organisasi di mana rapat dijalankan. Sayangnya, terkadang rapat rapat bisa juga berjalan tidak seperti yang diharapkan. Beragam sifat atau karakter peserta rapat punya andil dalam menentukan hasil rapat. Mungkin ada peserta rapat yang aktif menyumbang ide-ide segat, ada pula yang sibuk mencatat, ada yang hanya mengangguk-angguk, atau bahkan ada yang terkantuk-kantuk.  Dengan mengenali sifat dan karakter mereka, maka Anda dapat mengendalikan rapat dengan baik. Melanjutkan artikel sebelumnya: Tips Efektif Membuat Peserta Rapat Menjadi Aktif maka Berikut ini adalah tips sukses bagaimana mengenali dan mengelola macam-macam sifat dan karakter peserta rapat:
1.Si Moderator. Para moderator bisa dibilang pemimpin rapat. Moderator rapat bertangung jawab mengatur jalannya rapat dan menengahi setiap perdebatan. Tipe peserta rapat berjiwa moderator biasanya hadir paling awal dan paling tidak suka terlambat. Dalam diskusi, mereka sangat vocal memberi saran dan pendapat, berusaha mengahi perdebatan yang terjadi, dan mengembil kesimpulan. Tips : Beri kesempatan pada si moderator karena seringkali bisa membantu mengarahkan jalannya rapat sehingga dapat memperoleh hasil rapat yang bagus.
2. Pecandu Rapat. Peserta rapat jenis ini biasanya sangat berapi-api dalam menyubangkan ide, namun lembek dalam realisasi. Mereka sanagt gemar presentasi di rapat, meyakinkan semua peserta rapat akan ide-idenya dan sangat suka mengundang orang untuk rapat memabahas hal-hal yang penting sampai hal yang tidak penting. Tips: Karena seringkali ‘hanya’ menyumbangkan ide, ada baiknya si pecandu rapat dilibatkan dalam keputusan rapat, entah dijadikan ketua atau posisi yang memegang peran penting, sehingga di kesempatan mendatang dia lebih bisa bertanggung jawab terhadap ide-ide yang diusulkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar