Sabtu, 12 November 2011

Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai


Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai



Category: Tips Gaya HidupTips Rumah Tangga

cara tepat merawat mobil
Karena alasan tertentu, misalnya dinas luar kota/negeri, mobil bisa mendekam di garasi berari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Meski tidak digunakan, bukan berarti kendaraan tersebut bebas dari perawatan dan bisa ditinggalkan begitu saja. Berikut ini tipsanda.com akan menguraikan bebeberapa hal yang dapat dilakukan  untuk merawat mobil yang jarang dipakai:
1. Sebaiknya tangki bensin harus dalam kondisi penuh, jangan sisakan ruang kosong atau udata di dalamnya. Hal ini dilakukan mengingat semakin banyak udara di dalam tangki, maka semakin besar pula kemungkinan timbulnya kondensasi akibat kelembaban. Kondensasi tersebut bisa merusak mobil saat dinyalakah.
2. Dianjurkan untuk “mengggantung” mobil menggunakan jack stand. Hal ini ditunjukkan untuk mempertahankan ban tetap bundar selama ditinggal. Tekanan anginnya pun patut ditambah 1-2 psi di atas standar karena ban bisa menjadi tidak bundar karena berdiri di satu titik dalam waktu relative lama.
3. Memanaskan Mobil. Meski tidak perlu setiap hari, tetapi langkah ini dilakukan setidaknya selama 30 menit. Tujuannya, mengisi kembali setrum ke aki dan mengeringkan air hasil kondensasi ke knalpot. Yang terakhir perlu dilakukan agar komponen tersebut tidak terserang karat dan menjadi keropos.
4. Penggantian oli juga perlu dicermati, karena tidak bsia lagi berpatokan pada jarak tempuh, maka penggantian perlu dilakukan selama rentang waktu tertentu.
5. Untuk menjaga body mobil dari debu dan kotoran yang bisa merusak lapisan cat, sebaiknya ditutup dengan sarung mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar